Home Profil Kurikulum Berita Kegiatan Video Foto Galeri Zona Kreatif Artikel Pendaftaran Kontak
  • Jadikan pengalaman belajarmu lebih berkesan & bermakna
  • Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya merupakan Sekolah Model di Indonesia
  • Sekolah Menyenangkan Sekolah Pilihan
         
   
DetailArticle
Share |
Tugas Akhir Rangsang Siswa Menjadi Kreatif, Inovatif dan Berkarakter Positif
Sains merupakan salah satu disiplin ilmu yang cepat sekali mengalami perkembangan. Perkembangan ini membuat dunia sains semakin maju sehingga tak heran jika banyak sekali lahir ilmuwan-ilmuwan yang kerap melakukan sejumlah penelitian untuk berpartisipasi dalam menemukan penemuan-penemuan baru yang memajukan dunia sains itu sendiri. Pentingnya sains dalam dunia ilmu pengetahuan menjadikan sains sebagai mata pelajaran wajib bagi siswa bahkan sejak mereka duduk di bangku sekolah pada tingkat dasar (SD). Mata pelajaran sains juga merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diujikan dalam penentuan ujian nasional (UN).

Tidak dipungkuri keberadaan sains dalam dunia pendidikan khususnya dalam perkembangan pengetahuan dan penelitian. Banyak sekali temuan-temuan sains yang keberadaannya bermanfaat bagi kehidupan manusia. Pada dasarnya sains bisa dengan mudah dipelajari karena sains berkaitan sekali dengan lingkungan sekitar. Akan tetapi sebagian besar orang terkadang susah untuk memahami sains karena dinilai rumit. Ini juga yang seringkali dihadapi siswa dalam mengenal sains. Kerumitan sains terkadang membuat mereka sulit untuk memahami dan mengerti tentang materi-materi sains. Permasalahan-permasalahan seperti itu tidak jarang dijumpai oleh guru dalam penyampaian materi-materi sains kepada siswa. Hal ini membuat para ilmuwan mengembangkan banyak metode pembelajaran dalam memperkenalkan sains seperti melaui media gambar atau percobaan-percobaan yang direkam melaui media audio visual. Adanya media ini tentu mampu memberi kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi-materi sains kepada siswa sehingga mereka diharapkan lebih mudah dalam memahami materi sains tersebut. Meskipun telah ada materi-materi sains yang dikemas dalam media gambar ataupun audio visual, perlu juga dicoba beberapa metode atau pendekatan yang lebih menarik dan menyenangkan dalam penyampaian materi-materi sains sehingga mampu merangsang siswa untuk berpikir kritis.

TA sebagai Pendekatan Pembelajaran Inovatif

TA (tugas akhir) secara umum lebih dikenal di ruang lingkup civitas akademika tingkat sekolah menengah atas atau perguruan tinggi. Namun, beberapa tahun yang lalu pemberian TA ini sudah diterapkan di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Ini merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif yang diterapkan oleh Sekolah Kreatif khususnya bagi siswa-siswi kelas 5. Dari tahun ke tahun pelaksanaan TA ini semakin maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan dunia sains.

Pembuatan TA ini dalam rangka untuk menciptakan pola pikir siswa-siswi yang lebih dewasa dan kreatif dalam menciptakan karya yang disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman mereka. Namun pada tahap pembuatan TA ini tentu saja siswa dibekali kemampuan untuk menganalisis, merencanakan, dan membaca peluang melalui karya yang akan mereka buat sesuai dengan keinginannya. Pembuatan TA ini tentu didasarkan pada tema-tema yang ditawarkan oleh guru kepada siswa antara lain percobaan sains, rancang bangun jembatan dari stik es krim, desain maket rumah dan kidspreneur.

Pembelajaran membuat TA ini tentu saja mampu bertujuan untuk meningkatkan pola pikir dan prestasi belajar siswa. Tak hanya itu, siswa juga akan mendapatkan pengalaman belajar baru, merangsang tumbuhnya kreatifitas siswa dalam menciptakan karya, menciptakan sikap kritis dalam berpikir, dewasa dan berani serta yang tidak kalah penting adalah melatih sifat-sifat kepemimpinan, kerjasama dan kekompakan tim.

Media Belajar Menyenangkan

Manfaat pembelajaran melalui TA tentu tidak hanya menimbulkan dampak positif bagi siswa maupun guru. Guru sebagai media penyampai pembelajaran pun juga memiliki peran besar dalam proses pembuatan TA tersebut. Pasa kapasitas ini, guru berperan sebagai perantara atau pengantar komunikasi dalam upaya penyampaian materi-materi yang berkaitan dengan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam melakukan proses pembelajaran. Disamping itu, penciptaan metode TA ini tentu dapat mengembangkan profesionalisme kinerja guru untuk menciptakan metode-metode baru lain sejenis yang lebih menarik dan menyenangkan lagi bagi siswa.

Sedangkan bagi siswa sendiri, pembuatan TA ini mampu meningkatkan perhatian, aktivitas, kemandirian dan ketarampilan ilmiah yang berujung pada pencapaian prestasi belajar. Proses pembelajaran pun akan lebih menarik, menyenangkan dan mudah dipahami karena penyampaian dari materi-materi tersebut didasarkan pada pola kritis berpikir dan aplikatif.

Proses pembuatan TA ini memang didasarkan pada tahap-tahap tertentu seperti pengenalan TA, pembentukan kelompok, pemilihan judul, proposal TA, pengerjaan TA, uji TA dan presentasi TA. Tahapan-tahapan tersebut harus dipahami benar oleh siswa sebagai pedoman yang nantinya akan mempermudah mereka dalam menjalankan proses-proses tersebut. Melalui proses inilah karakter-karekter kemandirian, kerjasama tim, tanggung jawab akan terbentuk secara otomatis dalam diri siswa. Pada akhirnya, pemanfaatan TA ini tidak hanya berperan penting dalam peningkatan wawasan keilmuwan siswa tetapi juga sebagai tahapan dalam pembentukan karakter-karakter positif pada diri siswa.

    OtherArticles

Serunya Belajar Tentang Proses Pembuatan Sirup dan Cara Mengirim Surat

Serunya Belajar Tentang Proses Pembuatan Sirup dan Cara Mengirim Surat

Halal Bi Halal Bersama Ust.Wijayanto

Display Class Media Pembelajaran Asyik

Tugas Akhir Rangsang Siswa Menjadi Kreatif, Inovatif dan Berkarakter Positif

Because, THE SCHOOL IS NOT A FACTORY!

MENDIDIK ANAK BERTANGGUNG JAWAB

LINGKUNGAN SEBAGAI SIMBOL DALAM PEMBELAJARAN

PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KEJUJURAN AKADEMIK IDEALISME SANG GURU UNTUK PENDIDIKAN YANG LEBIH BAIK

TEACHING ENGLISH USING HIP-HOP IN SD KREATIF MUHAMMADIYAH 16 SURABAYA

Membangun Empati Anak Sejak Dini di Sekolah Kreatif

SEKOLAH INKLUSI : SOLUSI PENDIDIKAN UNTUK SEMUA

Kata Kunci itu Bernama Kreativitas

Sekilas Tentang Pembelajaran Tematik

   
         
 
PENDAFTARAN
"Sekolah Kreatif" SD Muhammadiyah 16 - Jl. Barata Jaya I/11 Surabaya
Telp. (031) 5045 109, 7216 0806
c.p : Heru Tjahjono (08123 207 580)
Tim Inovasi Pengembangan Sekolah (TIPS)
  Website : www.sekolahkreatif.com
E-mail : kontak@sekolahkreatif.com
 
 
Copyright © 2012 - SEKOLAH KREATIF - SD Muhammadiyah 16 Surabaya. All Rights Reserved.