Home Profil Kurikulum Berita Kegiatan Video Foto Galeri Zona Kreatif Artikel Pendaftaran Kontak
  • Jadikan pengalaman belajarmu lebih berkesan & bermakna
  • Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya merupakan Sekolah Model di Indonesia
  • Sekolah Menyenangkan Sekolah Pilihan
         
   
ActivityNews
Share |
Orang Tua Juga Perlu Belajar

Selama ini tak jarang anak selalu saja menjadi sebuah objek keegoisan orang tua. Banyaknya tuntutan lebih terhadap anak menjadikan anak tidak semakin memahami maksud orang tua justru bertolak belakang dan kerap kali antipati terhadap orang tua. Hal ini mengakibatkan proses komunikasi antara keduanya menjadi buruk. Buruknya komunikasi ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap pembetukan karakter pribadi anak. Menyadari akan pentingnya kondisi ini di pertengahan bulan Februari 2013 ini, Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya menggelar sebuah acara seminar parenting bagi orang tua. Seminar ini merupakan salah satu media tahunan sekolah yang diadakan oleh Komite Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16.

Tema yang diangkat dalam seminar tahun ajaran 2013/2014 ini adalah Peran Orang Tua Dalam Membangun Pribadi Anak Yang Berkarakter Islami . Tema ini tentu sangat relevan dalam kondisi saat ini. Terlebih sejak maraknya perkembangan teknologi informasi yang lebih memberi dampak negatif terhadap perkembangan karakter anak. Banyaknya iklan televisi yang jauh dari unsur-unsur pendidikan, menjamurnya sosial media yang didalamnya dengan mudah diaksesnya iklan-iklan pornografi juga games-games kekerasan semakin menjadi pemicu utaman berkembangnya karakter-karekter pribadi negatif dalam diri anak.

Kekhawatiran akan kondisi ini membuat seminar ini menjadi penting untuk diadakan. Setidaknya seminar ini berfungsi sebagai pengingat bahwa orang tua dan guru memiliki peranan penting dalam membangun pribadi anak yang berkarakter islami. Selama setengah hari Mustofa Jufri, seorang psikolog PT. Next World View dan Analys Multiple Intelegences Research yang kala itu diundang sebagai pembicara seminar memaparkan dengan jelas dan kongkrit kepada orang tua dan guru tentang hal-hal penting apa saja yang bisa dilakukan dalam pembetukan karakter islami pada anak. Tidak hanya pemaparan-pemaparan teori, beliau juga memberikan contoh-contoh nyata yang dapat mempengaruhi pembetukan karakter pribadi anak.

Acara yang dihadiri oleh ratusan wali murid ini menjadi sangat menarik terlebih pada saat menyampaikan materi beliau mampu berkomunikasi dengan baik kepada peserta seminar. Terlihat dua kali dia mencoba melakukan tes-tes sederhana kepada peserta seminar. Beliau juga mempraktekkan sebuah demo sederhana tentang bagaimana sebuah doa itu memiliki kekuatan yang sangat positif dalam mengubah sesuatu yang buruk menjadi baik. Beberapa teori psikologi juga beliau kemukakan di depan peserta seminar. Seminar ini juga berlangsung komunikatif dan tidak kaku, selain memberikan pemahaman-pemaham yang berkaitan dengan peran-peran penting dalam pembentukan karakter islami pada anak beliau juga memberikan kesempatan kepada peserta seminar untuk bertanya hal-hal yang berkaitan dengan tema seminar kala itu. dari pertanyaan-pertanyaan tersebut beliau menjawab dan memberikan solusi-solusi nyata yang dapat diterapkan baik orang tua maupun guru dalam membangun karakter islami pada anak.

Seminar ini ditutup dengan sebuah kesimpulan bahwa tidak hanya anak yang memiliki tanggung jawab belajar, orang tua pun juga perlu belajar. Belajar tentang menyadari bahwa sesungguhnya mereka juga memiliki peranan yang besar dalam membangun karakter pribadi anak, terutama karakter yang islami.
    OtherNews

Orang Tua Juga Perlu Belajar

Studibanding dari Tuban

Belajar dari Penjual Jamu Gendong Tradisional

Uji Nyali 2013

Klanting Ternyata Enak Lho...

Semangat Berbagi Semangat Berprestasi

Belajar Sehari di Sekolah Kreatif

Belajar Peninggalan Kerajaan Majapahit

Melihat Pesawat Terbang dari Dekat...

Aksi Penolakan Film Innocence of Muslims

Semoga bisa Bermanfaat...

Pasar Tradisional, Siapa Takut.....

Buka Keliling Mengasyikkan..

Puasaku, Kemenanganku

Berbagi dengan sersama Menjelang Ramadhan

   
         
 
PENDAFTARAN
"Sekolah Kreatif" SD Muhammadiyah 16 - Jl. Barata Jaya I/11 Surabaya
Telp. (031) 5045 109, 7216 0806
c.p : Heru Tjahjono (08123 207 580)
Tim Inovasi Pengembangan Sekolah (TIPS)
  Website : www.sekolahkreatif.com
E-mail : kontak@sekolahkreatif.com
 
 
Copyright © 2012 - SEKOLAH KREATIF - SD Muhammadiyah 16 Surabaya. All Rights Reserved.