Home Profil Kurikulum Berita Kegiatan Video Foto Galeri Zona Kreatif Artikel Pendaftaran Kontak
  • Jadikan pengalaman belajarmu lebih berkesan & bermakna
  • Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya merupakan Sekolah Model di Indonesia
  • Sekolah Menyenangkan Sekolah Pilihan
         
   
DetailNews
Share |
Studibanding dari Tuban

Pada pertengahan bulan April 2013 ini, Sekolah Kreatif Muhammadiyah 16 kedatangan guru-guru dari MI Muhammadiyah 3 Tuban. Kedatangan mereka dalam rangka studi banding, menimba ilmu dan sharing pengalaman tentang konsep dan model pembelajaran di masing-masing sekolah baik model pembelajaran di Sekolah Kreatif maupun model pembelajaran di MI Muhammadiyah 3 Tuban sendiri. Sedikitnya ada sekitar 7 guru dari MI Muhammadiyah 3 Tuban mengikuti kegiatan studi banding ini.

Kegiatan ini berlangsung hampir setengah hari yaitu dari puku 08.00 pagi hingga 12.00 siang. Di pagi hari, guru-guru MI Muhammadiyah 3 Tuban ini diajak kepala sekolah kreatif yaitu Maulana Muhammad dan Heru Tjahjono selaku tim inovasi pengembangan sekolah (TIPS) untuk berkeliling melihat proses pembelajaran di kelas-kelas. Semua guru peserta studi banding tampak mengamati proses pembelajaran tersebut dan sesekali terlihat mengambil gambar saat proses pembelajaran di kelas Sekolah Kreatif berlangsung. Banyak juga dari mereka yang bertanya tentang konsep-konsep pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16.

Setelah puas melakukan pengamatan proses pembelajaran di kelas, mereka di persilahkan oleh kepala sekolah dan TIPS untuk melakukan kegiatan diskusi, sharing informasi yang berkaitan dengan konsep dan pembelajaran Sekolah Kreatif serta tanya jawab tentang berbagai hal yang berkaitan dengan model-model pembelajaran. Tak cukup puas dengan kegiatan diskusi pagi itu, kepala sekolah MI Muhammadiyah 3 Tuban pun mengutus dalah satu wakil guru dari sekolahnya untuk melakukan kegiatan magang di Sekolah Kreatif 16. Kegiatan magang ini dilakukan selama satu bulan.

Dalam kegiatan magang ini Pak Huda mendapat kesempatan untuk melakukan proses pengamatan langsung terhadap penerapan model-model pembelajaran yang ada di Sekolah Kreatif. Pak Huda juga tampak mengamati kondisi-kondisi ruang kelas Sekolah Kreatif yang semuanya menggunakan display sebagai media pembelajaran. Tak hanya itu, beberapa kali Pak Huda juga merasa beruntung karena sepanjang bulan april dan mei ini Sekolah Kreatif banyak sekali mengadakan aktivitas-aktivitas pembelajaran aplikatif baik didalam maupun diluar sekolah seperti assembly, guest teacher (guru tamu), outdoor dan beberapa praktek ketrampilan yang dilakukan oleh siswa-siswi Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16. Adanya kegiatan-kegiatan ini tentu sangat membantu Pak Huda dalam melakukan pengamatan khususnya dalam kaitannya dengan penerapan model dan media pembelajaran yang mungkin dapat dijadikan sebagai inspirasi dalam menciptakan model-model pembelajaran baru yang sejenis yang mungkin bisa diaplikasikan di MI Muhammadiyah 3 Tuban tempatnya mengajar.

Pada kesempatan yang sama Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 juga menerima guru magang dari International Creative School Purbalingga. Tak jauh berbeda dengan utusan dari MI Muhammadiyah 3 Tuban, kegiatan magang yang dilakukan oleh Bu Tri ini juga berkaitan dengan pengamatan model-model pembelajaran di Sekolah Kreatif dan juga manajemen pengelolahan Sekolah Kreatif secara umum.

Kegiatan-kegiatan studi banding dan magang semacam ini memang sangat diperlukan bagi sebuah lembaga khususnya pendidikan (sekolah). Hal ini diperlukan sebagai upaya sekolah dalam meningtkan kualitas pendidikan baik itu model maupun konsep pembelajaran. Lebih jauh, kegiatan ini juga dapa menjalin silaturahim maupun networking yang baik diantara sekolah-sekolah yang melakukan studi banding atau magang sebagai upaya untuk sharing informasi maupun ilmu-ilmu baru yang bertujuan untuk memajukan pendidikan itu sendiri.

    OtherNews

Orang Tua Juga Perlu Belajar

Studibanding dari Tuban

Belajar dari Penjual Jamu Gendong Tradisional

Uji Nyali 2013

Klanting Ternyata Enak Lho...

Semangat Berbagi Semangat Berprestasi

Belajar Sehari di Sekolah Kreatif

Belajar Peninggalan Kerajaan Majapahit

Melihat Pesawat Terbang dari Dekat...

Aksi Penolakan Film Innocence of Muslims

Semoga bisa Bermanfaat...

Pasar Tradisional, Siapa Takut.....

Buka Keliling Mengasyikkan..

Puasaku, Kemenanganku

Berbagi dengan sersama Menjelang Ramadhan

   
         
 
PENDAFTARAN
"Sekolah Kreatif" SD Muhammadiyah 16 - Jl. Barata Jaya I/11 Surabaya
Telp. (031) 5045 109, 7216 0806
c.p : Heru Tjahjono (08123 207 580)
Tim Inovasi Pengembangan Sekolah (TIPS)
  Website : www.sekolahkreatif.com
E-mail : kontak@sekolahkreatif.com
 
 
Copyright © 2012 - SEKOLAH KREATIF - SD Muhammadiyah 16 Surabaya. All Rights Reserved.