Home Profil Kurikulum Berita Kegiatan Video Foto Galeri Zona Kreatif Artikel Pendaftaran Kontak
  • Jadikan pengalaman belajarmu lebih berkesan & bermakna
  • Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya merupakan Sekolah Model di Indonesia
  • Sekolah Menyenangkan Sekolah Pilihan
         
   
ZonaKreatif
Share |
Tempat Pensil Kreasiku


Kata siapa daun-daun kering hanya bisa jadi sampah?? Kata siapa daun kering tidak bisa bermanfaat??. Di tangan siswa-siswi kelas 2 Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya ini daun-daun kering bisa disulap menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai ekonomis. Jum’at (12/4) siswa-siswi kelas 2 Sekolah Kreatif ini mendapat kesempatan untuk berkunjung ke sebuah home industry craft di daerah Ngagel Mulyo Surabaya. Disana mereka dikenalkan tentang sebuah industri rumahan yang menghasilkan kerajinan tangan dari daun-daun kering.

Di tangan Bu..... pemilik home industry craft daun kering ini, telah banyak sekali dihasilkan produk-produk bernilai ekonomis dari pemanfaatan daun-daun kering. Beberapa produk tersebut seperti tempat pensil, kotak tisu, undangan dan lain-lain. Bahan yang di gunakan untuk mengasilkan kerajinan ini sebenarnya tidak sulit dan relatif mudah didapat. Hanya berbekal daun kering, cairan pemutih pakaian, lem, kardus dan gunting saja sudah bisa diciptakan sebuah kerajinan yang kreatif dan bermanfaat.

Selama setengah hari, siswa-siswa kelas 2 Sekolah Kreatif ini diajak melihat-lihat jenis-jenis kerajinan yang sudah dihasilkan dari pemanfaatan daun-daun kering. Tak hanya itu, mereka juga diajak untuk melihat secara langsung proses membuat kerajinan dari daun kering yang di praktekkan oleh pemilik home industry craft ini. Di alam terbuka dan lesehan, siswa-siswa ini sangat tertarik melihat pemilik home industry craft mempraktekkan cara membuat kerajinan daun kering. Usai mempraktekkan, pemilik pun mengajak mereka untuk membuat kerajinan daun kering secara bersama-sama. Sebelum membuat, pemilik juga memberitahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat kerajinan tangan daun kering. Menurutnya, tidak sulit untuk membuat kerajian daun kering asalkan sabar, telaten dan kreatif pasti semua bisa melakukannya. Dengan sabar dan cekatan, pemilik pun mengajari siswa-siswa yang kebetulan mengalami kesulitan dalam membuat kerajinan daun kering. Dari outdoor ini, siswa-siswi pun mendapat pengalaman yang baru lagi dalam belajar. Dan tentunya, membuat mereka semakin kreatif dan inovati dalam berkarya.
    OtherZonaKreatif

Tempat Pensil Kreasiku

Rumah Kardus

Kolase Bikinanq....

Rumah Masadepanku..

Rumah Barbie Ku..

JEMBATAN STIK ES KRIM

TUGAS AKHIR ku

" Kapal Caravel Kardus " Buatanku

Asyik dan Serunya Bikin Roket Sendiri

   
         
 
PENDAFTARAN
"Sekolah Kreatif" SD Muhammadiyah 16 - Jl. Barata Jaya I/11 Surabaya
Telp. (031) 5045 109, 7216 0806
c.p : Heru Tjahjono (08123 207 580)
Tim Inovasi Pengembangan Sekolah (TIPS)
  Website : www.sekolahkreatif.com
E-mail : kontak@sekolahkreatif.com
 
 
Copyright © 2012 - SEKOLAH KREATIF - SD Muhammadiyah 16 Surabaya. All Rights Reserved.