Halal Bi Halal Bersama Ust.Wijayanto

Bulan ramadhan merupakan bulan belajar bagi kita semua. Tidak hanya bagi kalian siswa-siswi Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya saja loh, tapi orangtua kalian juga perlu belajar. Lalu….bagaimana dengan ustadz dan ustadzah Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 ya???. Apa perlu belajar juga??. Sudah pasti, mereka pun juga harus belajar.

Ngomong-ngomong soal belajar, kira-kira apa sih yang harus dipelajari oleh orangtua dan ustadz -ustadzah di bulan ramadhan??. Sebenarnya ada banyak sekali yang harus dipelajari, namun salah satunya adalah belajar bersama untuk mendengarkan tausiyah agama yang rutin diadakan oleh komite Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Kalau di tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan bertepatan pada bulan ramadhan, namun tidak di ramadhan tahun ini. Kegiatan ini justru diadakan saat bulan ramadhan telah usai. Tepatnya, kegiatan ini diadakan pada bulan syawal yaitu sabtu (31/8). Meskipun kegiatan ini terjadi di bulan syawal, akan tetapi makna atau pesan silaturahim yang ingin disampaikan tidak berkurang sedikit pun.

Dalam kegiatan tausiyah ramadhan kali ini, pihak komite Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya mencoba mengusung tema “ Perkuat Silaturahim Dalam Upaya Menghadapi Tantangan Mendidik Di Era Global dan Digital “. Tausiyah ini disampaikan oleh ustadz Wijayanto. Dalam tausiyahnya, ustad Wijayanto mengingatkan orangtua kita bahwa di zaman yang canggih saat ini informasi bisa diakses dengan mudah oleh siapapun termasuk anak-anak. Saat ini banyak sekali bermunculan teknologi-teknologi baru canggih seperti smartphone, Ipad, dan gadget-gadget lainnya yang membuat anak lebih mudah untuk mengakses games yang tidak mendidik dan tidak islami. Nah, hal ini tentu saja sering membuat orangtua khawatir terhadap pergaulan dan perkembangan karakter anak mereka selanjutnya. Ustad Wijayanto juga menambahkan, diakui bahwa zaman sekarang anak-anak cenderung ingat games-nya daripada kapan waktu sholat. Wah…sungguh memprihatinkan yaa.

Selain menjadi wadah silaturahim keluarga besar Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya, kegiatan ini diharapkan mampu membuka wawasan baru tentang sejauh mana peran orangtua untuk membimbing dan mendampingi anak-anak mereka dalam upaya pemanfaatan teknologi tersebut secara wajar dan bijaksana agar tidak terjebak pada hal-hal yang bersifat negatif. Di depan puluhan wali murid dan ustadz-ustadzah Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16, ustadz Wijayanto memberikan tausiyahnya dengan gaya atraktif dan menarik sehingga waktu 3 jam pun terasa berlalu begitu singkat.

Leave a reply