Cergam Keren Karya Siswa Sekolah Kreatif 16

SEKOLAHKREATIF.COM-Cerita bergambar karya siswa  SD Kreatif 16 merupakan salah satu project Class Meeting Daring.

Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya Suyono SSi saat dihubungi Kamis (18/6/20) mengatakan salah satu tugas project classmeeting pilihan yang dikerjakan siswa pada masa pembelajaran daring yaitu Cerita Bergambar (Cergam).

“Siswa bebas memilih tema sesuai dengan hobby dan karakter mereka masing-masing. Produk yang dihasilkan siswa pun sangat beragam, mulai dari cerita persahabatan, poster edukasi, maupun kritik sosial”, tambahnya.

Suyono mengungkapkan cergam yang dibuat siswa-siswinya itu bagus dan keren. Seperti yang dibuat Queen Hafiza Robina. Siswa kelas V Ja’far Muhammad ini membuat cergam dengan judul Lebaran Virtual.

Saat dihubungi, Queen menjelaskan cergam yang dibuatnya ini menceritakan tentang seorang anak yang ingin mudik ke rumah neneknya. “Sebelumnya anak itu sudah diingatkan temannya tetapi tidak dengarkan nasihatnya, jadi ditengah perjalanan ia dan keluarganya disuruh putar balik oleh petugas yang jaga di pos pantau perjalanan”, katanya.

“Anak itu pun jadi sedih karena tidak jadi mudik ke rumah neneknya dan saat lebaran tiba, anak itu hanya bisa merayakan lebaran lewat video call dan anak itu tidak sedih lagi”, jelasnya.

Beda lagi dengan cergam yang dibuat Fakhriza Hisyam Anshary. Siswa kelas IV Sudirman ini membuat cergam dengan judul “Jangan Melanggar PSBB” dengan tema yang dipilih adalah pemberitahuan tentang salah satu cara untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Saat dihubungi, Azza panggilan akrabnya menjelaskan cergam yang dibuatnya ini menceritakan tentang tiga orang yang berpergian bersama menggunakan mobil dengan kapasitas 4 orang. “Dijalan, polisi menghentikan kendaraannya dan menasehati mereka bahwa untuk mengurangi penyebaran virus corona, maka mobil hanya boleh diisi setengah dari kapasitas kendaraan”, tambahnya.

Dari cergam yang dibuatnya, Azza juga mengajak kita semua untuk mengurangi penyebaran virus corona dari hal yang paling kecil contohnya menjaga jarak antar individu. “Jangan keluar rumah bila tidak ada keperluan yang sangat penting”, katanya.

Suyono berharap dengan adanya beberapa pilihan project, siswa memiliki ruang ekspresi untuk memupuk bakatnya dibidang seni rupa 2 dimensi dalam bentuk Cergam atau dalam bentuk karya seni lainya. (RO).

Selamat berkarya!

 

Leave a reply