Drama Kolosal Anak Kreatif Tampilkan Sejarah Perjuangan Bangsa

Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Barata Jaya Surabaya menggelar Festival Seni Anak Kreatif 2019 di Gedung Robotika ITS Surabaya, Sabtu (3/3/2019) pagi.

”Ratusan siswa tampil di acara ini dalam bentuk drama musikal. Mulai dari kelas 1 hingga kelas 6,” ujar Ketua Panitia Iskandar SPsi. Drama kolosal ini mengangkat tema Anak Kreatif Membangun Ukhuwah.

Festival ini diawali penampilan kelas 6. Berupa drama musikal dengan tema pengaruh paham animisme dan dinamisme di nusantara. Kemudian datanglah para penjajah Belanda dan Portugis yang berusaha untuk menguasai Indonesia.

Saat Indonesia dijajah, muncullah peran umat Islam yang melawannya. Di antaranya Fatahillah Sang Pembebas Kota Jayakarta,  Sultan Hasanuddin Si Ayam Jantan dari Timur, dan Cut Nyak Dien Pahlawan Wanita Tanah Rencong.

”Drama Fatahillah dimainkan murid kelas 1, Cut Nyak Dien dipentaskan oleh kelas 2, dan Sultan Hasanuddin diperankan oleh kelas 3,” ujar Iskandar.

Adegan beralih ke masa kebangkitan. Munculah tokoh-tokoh seperti KH Ahmad Dahlan pendiri Persyarikatan Muhammadiyah, HOS Cokroaminoto pendiri Syarikat Islam, dan KH Hasyim Asyari pendiri Nahdlatul Ulama.

”Tokoh-tokoh ini dibawakan oleh kelas 4,” imbuhnya. Klimaksnya yaitu saat masa kemerdekaan. Kelas 5  memainkan tokoh proklamator yaitu Bung Karno, Bung Hatta, dan Jendral Sudirman.  Seluruh wali murid dapat menyaksikan acara ini. (Zuhri) www.pwmu.co

Leave a reply