Lima Keutamaan Menghafal Al-Quran pada Wisuda Tahfid Sekolah Kreatif

SEKOLAHKREATIF.COM – Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya gelar Wisuda Tahfidh 2021 juz 29 dan 30. Kegiatan yang dihelat secara virtual ini diikuti 31 siswa dengan didampingi orangtua, Sabtu (12/6/21).

Bertema Aku Cinta Al-Quran, kegiatan ini diikuti siswa dari kelas I-VI yang sebelumnya telah mengikuti serangkaian ujian (munaqasah) tahfidh al-Quran, Senin (7/6/2021).

Kepala Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya Maulana Muhammad ST mengucapkan selamat atas diwisuda siswa-siswinya. “Alhamdulillah K telah menyelesaikan hafalan juz 29 dan 30. Semoga selanjutnya terus bertambah hafalannya,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada wali murid yang telah memberikan pendampingan untuk putra-putrinya dalam menghafal al-Quran. “Semoga ini menjadi amal ibadah kita semuanya,” ucapnya.

Ia juga berpesan dengan menguip al-Qomar ayat 17 yang artinya, “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”

Dia melanjutkan, “Sekolah berharap Kalian nantinya menjadi penghafal al-Quran yang bisa menjadikan nilai tambah untuk K, orangtua, keluarga, dan guru kalian. Mudah-mudahan kelak menjadi anak yang hebat, shaleh-shalehah yang berguna bagi bangsa dan agama yang mengantarkan kedua orang tuanya menuju surga-Nya.”

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ngagel Kota Surabaya Ahmad Zaini MPd menyampaikan ada lima keutamaan orang yang hafidh al-Quran.

“Pertama, termasuk golongan manusia terbaik, sesuai hadits riwayat Bukhari: ‘Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang mempelajari al-Quran dan mengamalkannya’,” katanya.

Kedua, lanjutnya menjadi penghafal al-Quran juga memberikan keutamaan di akhirat. Sebab, dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah bersabda al-Quran bisa memberikan syafaatnya atau pertolongan kepada pemiliknya.

“Yang ketiga, keutamaan menghafal al-Quran yang lain adalah dikabulkannya keinginan oleh Allah SWT,” ujarnya.

Keempat, ia melanjutkan, dengan menghafal Al-Quran hati akan menjadi lebih indah dan tenang, ibarat rumah yang indah.

Kelima, paparnya, dengan menghafal al-Quran, wajahnya bercahaya dan disematkan mahkota dan jubah karomah serta keridhaan Allah kepadanya. “Hal itu sebagai bentuk penghormatan kepada penghafal al-Quran,” terang dia. (Riska)

 

Sumber: https://pwmu.co/196070/06/15/lima-keutamaan-menghafal-al-quran1/