Menemukan Keutuhan Indonesia dalam Pot-Pot Bunga di Sekolah Kreatif 16

PWMU.CO – Menyemarakkan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya mengadakan pawai dan teatrikal kebangsaan.

Bertema “Negeriku Indonesia” pawai diikuti seluruh siswa kelas I-IV berkostum pejuang. Mereka berjalan dengan rute sekitar sekolah. Sedangkan teatrikal diikuti siswa kelas V-VI di halaman sekolah, Jumat (16/8/19).

Kepala Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya Maulana Muhammad ST mengatakan konsep teatrikal kali ini yaitu mengenalkan pulau-pulau yang ada Indonesia. “Jadi anak-anak kita berikan kesempatan untuk mengenal pulau-pulau yang ada di Indonesia dengan cara mereka membawa pot-pot bunga”, katanya.

Maulana menambahkan, para siswa melengkapi sketsa gambar peta Indonesia yang ada di lantai halaman sekolah dengan menaruh pot-pot bunga sesuai pulaunya dengan tarian dan diiring lagu daerahnya. “Dan mereka memakai baju adat di pulau tersebut,” ucapnya.

Teatrikal ini, sambungnya, merupakan bagian dari perayaan hari kemerdekaan Indonesia, yang mana semua bangsa Indonesia adalah saudara. “Jadi meskipun kita beda suku dan agama kita semua harus saling mengenal dan menjaga kerukunan antarumat beragama serta kesejahteraan seluruh Indonesia”, katanya.

Azka Binta Maarif salah pengisi acara, mengatakan, senang karena bisa memberikan penampilan yang luar biasa dan menarik. “Semoga acara ini bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang pulau-pulau yang ada di Indonesia,” harapnya.

Di akhir acara, panitia memberikan tali asih kepada tiga pejuang masjid (marbot) di sekitar sekolah. Juga ada penggalangan donasi yang akan disalurkan untuk masjid-masjid di Surabaya. Donasi yang terkumpul sejumlah sekitar Rp 9 juta. (*)
(Riska)

Leave a reply