Ooo.. Begini Ya Caranya Membuat Batu Bata.

Sekolahkreatif.com – Hai sobat kreatif! Siswa kelas 2 pada hari Rabu tanggal 5 Februari 2020 melaksanakan outdoor  learning di desa Seloliman, Kec. Trawas Kab.Mojokerto. Outdoor tersebut merupakan rangkaian dari outbound yang diselenggarakan di PPLH. Yups, kali ini mereka mengunjungi industri pembuatan batu bata.

Anak-anak jadi tahu proses pembuatan batu-bata. Benda yang sangat bermanfaat bagi manusia dalam membuat bangunan. Apakah sobat kreatif mengetahui proses pembuatan batu bata? Bahan-bahannya yaitu tanah liat, sekam dan abu gosok. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan air sehingga menjadi adonan.

Nah setelah adonan jadi, siap untuk di cetak. Siswa kelas 2 mencoba satu persatu mencetak batu-bata dengan cetakan. Asyik lho! meski baju menjadi kotor semua, siswa kelas 2 tetap senang dan tertarik mengikuti outdoor membuat batu bata.

Nah proses setelah dicetak, selanjutnya yaitu dikeringkan atau dipanaskan dibawah terik sinar matahari. Setelah kering kemudian batu bata dibakar dengan sekam. Nah jadi deh batu-bata. Siap dibuat untuk membangun rumah oleh pak tukang. 🙂

Leave a reply