Upacara Minum Teh ala Jepang Digelar Sekolah Kreatif 16

SEKOLAHKREATIF.COM-Pagi itu suasana halaman Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya terlihat berbeda dari biasanya.

Sekolah yang berada di Jalan Baratajaya I/11 Surabaya ini disulap bak Negeri Sakura. Siswa-siswi berkostum kimono dan batik.

Ada apakah? Ternyata ada kegiatan Upacara Minum Teh bersama Orang Jepang. Musik karawitan yang dimainkan para siswa membuat suasana jadi bernuansa Jepang-Indonesia.

Upacara Minum Teh bersama Orang Jepang diadakan sekolah dengan mengundang native Jepang dan mahasiswa Sastra Jepang Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Jumat (31/1/20).

 

Upacara minum teh bersama orang Jepang ini diikuti ratusan siswa kelas IV dan V. Mereka terlihat antusias menyaksikan keunikan proses penyajian teh ala Jepang. Kegiatan ini merupakan aktualisasi dari pembelajaran bahasa Jepang di sekolah.

Humas Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya Agus Mulyadi mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan budaya Jepang pada siswa.

“Jadi di sekolah kreatif ini kan ada mata pelajaran Bahasa Jepang. Dengan adanya kegiatan ini para siswa dapat belajar langsung salah satu kebudayaan Jepang, yaitu upacara minum teh ala Jepang,” katanya.

Ia menambahkan, selain upacara minum teh, ada kegiatan lainnya yaitu menulis huruf Hiragana dan membuat kartu ucapan selamat dalam bahasa Jepang.

Siswa Antusias Minum Teh ala Jepang

Sementara itu, Devika Radithya Patmarini, siswa kelas V merasa senang dan terhormat bisa mengikuti Upacara Minum Teh bersama Orang Jepang.

“Aku memang mengagumi Negeri Sakura sejak kelas IV. Aku kagum pada kebudayaannya yaitu sopan santunnya, pakaiannya, cara berbicaranya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dari kegiatan Upacara Minum Teh bersama Orang Jepang dia dan teman-teman bisa belajar menulis huruf Hiragana dengan sensei Jepang secara langsung. “Dan tahu cara minum teh ala Jepang yang unik itu,” itu. (Riska)

 

Sumber: https://pwmu.co/130236/02/05/upacara-minum-teh-ala-jepang-digelar-sekolah-kreatif-ini/