Siswa Sekolah Kreatif 16 Senang Bisa Lihat dari Dekat Pesawat Tempur TNI AU

SEKOLAHKREATIF.COM-Terik panas matahari siang itu tak menyurutkan semangat siswa-siswi kelas V Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya untuk berkunjung ke Lanud Iswahyudi yang berada di Maospati Kabupaten Magetan, Rabu (20/11/19). Mereka tampak antusias saat melihat berbagai pesawat tempur.

Di hadapan pengunjung, Krisna H. Multi, mekanik pesawat Lanud Iswahjudi, menjelaskan tentang pesawat tempur yang dioperasionalkan di sini. “Jadi pesawat yang ada di Lanud ini adalah pesawat tempur yang berfungsi sebagai alat pertahanan militer dan patroli udara,” jelasnya.

Selanjutnya, ia mengajak para siswa untuk melihat dari dekat alutsista (alat utama sistem pertahanan) pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, Pesawat T-50i, dan Pesawat TT-5012.

Ia menjelaskan, pesawat tempur F-16 buatan Amerika Serikat itu umurnya sekitar 70 tahun dan berat ya kisaran 5-6 ton yang hanya bisa dinaiki satu orang. “Dalam waktu satu menit, pesawat ini mampu terbang hingga 8 jam dengan kecepatan terbangnya bisa sampai 25.000 knot,” katanya.

Sementara itu, Suyono SSi salah satu guru kelas V mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan lebih dekat bagaimana situasi dan kondisi di Lanud Iswahjudi secara langsung dan mendapat informasi tentang alutsista yang ada disana. “Mulai dari jenis-jenis pesawat tempur dan persenjataan yang dimiliki TNI AU Indonesia khususnya di Lanud Iswahyudi,” katanya.

 

Ia berharap setelah kegiatan ini dapat meningkatkan kedisiplinan, kemandirian, keberanian, dan jiwa nasionalisme pada siswa. “Sehingga mereka akan menjadi generasi penerus bangsa yang akan membawa perubahan kearah yang semakin baik,” katanya.

Azka Binta Ma’arif, salah satu siswa merasa senang karena bisa melihat secara langsung pesawatnya saat lepas landas sampai landing. “Pemandunya ramah, aku dan teman-teman dijelaskan tentang berat pesawat, tempat senjatanya, dan lainnya,” ungkapnya. (Riska)

 

Sumber: https://pwmu.co/119601/11/23/siswa-sekolah-kreatif-ini-senang-bisa-lihat-dari-dekat-pesawat-tempur-tempur-tni-au/