Class Meeting Daring Berbasis Project ala Sekolah Kreatif 16

SEKOLAHKREATIF.COM-Tutorial bikin siomay karya siswa SD Kreatif Surabaya dalam kegiatan Class Meeting daring berbasis project. Kegiatan selama dua pekan (2-19/6/20) diikuti siswa secara antusias di rumah masing-masing.

Muhammad Najwan siswa kelas IV Sudirman membuta video tutorial di rumah, bagaimana cara meracik bumbu dan bahan sampai menjadi siomay.

“Senang sekali bisa tahu cara membuat siomay. Ternyata caranya mudah dan seru,” ujarnya.

Najwan -sapaan akrabnya- mengaku memasak itu asyik. Bisa motong-motong bahan sambil menahan lapar. Pokoknya ini tugas yang seru dan dan pengalaman yang menyenangkan ketika belajar di rumah.

Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya Suyono SSi saat dihubungi PWMU.CO, Jumat (5/6/20), mengatakan kegiatan Class Meeting secara online ini bertujuan untuk memberikan aktivitas positif kepada siswa selama belajar di rumah pada masa pandemi.

”Adapun materi yang ditugaskan kepada siswa sifatnya kegiatan berupa project yang tidak memberatkan dan menghasilkan produk,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dokumentasi hasil karya yang sudah dikumpulkan akan dibukukan menjadi Gallery Book yang berisikan karya semua siswa.

Masing-masing kelas, lanjutnya, akan menghasilkan satu Gallery Book yang merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan sekolah kepada para siswa untuk karya-karya yang sudah mereka kumpulkan.

Nanti, sambungnya, Gallery Book itu akan di-upload di website sekolah dan dibagikan secara daring kepada semua siswa.

Jenis Project Berbeda tiap Jenjang Kelas

Suyono SSi mengungkapkan jenis Project Class Meeting bagi siswa berbeda tiap jenjang kelasnya.

Masing-masing siswa diharuskan membuat dua project sesuai petunjuk teknis (juknis) kelasnya.

“Project kelas I yaitu menggambar serta mewarnai dan membuat video menyanyi. Project kelas II yaitu membuat kolase dan prodik daur ulang dan III adalah membuat komik/manga dan kreasi produk daur ulang,” jelasnya.

Untuk project class meeting kelas IV, paparnya, adalah membuat cerita pendek, cerita bergambar, dan video tutorial yang berkaitan dengan pembelajaran life skill. Unutk kelas V membuat video tutorial yang berkaitan dengan pembelajaran lifeskill, cerita pendek, dan cerita bergambar.

“Untuk kelas project kelas VI membuat video seru tentang pesan dan kesan buat Sekolah,” tandasnya. (Riska)

Sumber: https://pwmu.co/150940/06/07/tutorial-bikin-siomay-siswa-sd-kreatif/