Jadi Shadow Teacher Hebat, Begini Penjelasan Konsultan Pendidikan Sekolah Kreatif

SEKOLAHKREATIF.COM – Jadi shadow teacher hebat harus mampu  transfer knowledge dan jadi mediator dari guru kelas ke siswa secara personal disampaikan Heru Tjahyono, Senin (12/4/21).

Dalam acara pembinaan pada 41 guru dan karyawan SD Muhammadiyah 2 Bontang secara virtual, konsultan pendidikan ini menjelaskan anak berkebutuhan khusus (ABK) ini cenderung pendekatannya lebih individual, lebih personal.

Shadow teacher atau guru pendamping adalah profesi yang sangat mulia. Siswa ABK ini kekurangannya ada pada interaksi dan sosialisasi,” ujar tim Inovasi Pengembangan Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya.

Nah, lanjutnya, keberadaan shadow teacher ini memudahkan siswa membangun kemandirian serta transfer knowledge sesuai dengan kemampuan siswa ABK tersebut.

Beri Ruang Eksplorasi

Heru mengungkapkan shadow teacher hari membangun kemandirian, memberikan ruang eksplorasi untuk interaksi dan komunikasi dengan lingkungan di mana siswa ABK berada.

“Syukur-syukur bisa menemukan talenta atau potensi yang dimiliki anak-anak tersebut. Kalau itu sudah ketemu sejak dini jadinya lebih mudah,” jelasnya.

Dia menjelaskan memberikan pendidikan kepada siswa ABK dan anak reguler itu sebenarnya lebih mudah di ABK karena mereka itu kalau sudah ketemu kliknya itu lebih enak.

Tapi, sambungnya, memang mengawali untuk menyelami menemukan karakeristiknya dan habitnya itu butuh memang proses. Kalau itu sudah ketemu itu menjadi hal yang lebih mudah untuk di-treatment, dimotivasi yang menjadi lebih baik dan positif lagi.

Kerjasama dengan Guru Kelas

Heru memaparkan shadow teacher memang dibutuhkan kerjasama dengan guru kelas, orangtua dan teman-teman shadow yang lain.

Sharing Pengalaman

Kordinator Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat (Humas) Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 2 Bontang Ika Bonita Mardiyani mengatakan kegiatan ini digelar bertujuan untuk memberikan ilmu dan sharing pengalaman.

“Khususnya kepada shadow teacher yang terjun langsung menangani siswa ABK serta menambah ilmu kepada guru wali kelas terkait bagaimana cara berkomunikasi dengan ABK dan orangtuanya,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, mereka juga dapat pengetahuan baru tentang cara menangani siswa ABK sesuai dengan kemampuannya masing-masing dan mengetahui langkah jitu selama bersama mereka,” tandasnya. (Riska)

Sumber: https://pwmu.co/188446/04/23/jadi-shadow-teacher-hebat-begini-penjelasan-konsultan-pendidikan/