Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya, Konsep Belajar Kreatif dan Atraktif

SEKOLAHKREATIF.COM-Jika bicara soal siswa kreatif, maka pasti Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya menjadi pilihan terbaik bagi orang tua untuk pendidikan anaknya. Beralamat di Jalan Baratajaya I No. 11 Surabaya, sekolah kreatif ini memiliki konsep belajar menyenangkan.

Pendiri Sekolah Kreatif SD Muhammdiyah 16, Ustad Heru mengatakan, model pembelajaran di SD Kreatif yakni kreatif, atraktif dan inovatif. Meski demikian, sekolah tetap berpijak pada ajaran Islam.
Dijelaskan Heru, di sekolah kreatif memiliki konsep belajar menyenangkan, yakni konsep edutainment. Konsep belajar merupakan pembelajaran ke siswa yang dikemas menyenangkan dan bermakna.

“Seperti belajarnya tidak harus di ruang kelas. Bisa di luar kelas, lingkungan sekitar. Sehingga anak tidak jenuh,” sambungnya.

Di sekolah kreatif juga secara rutin mengundang guru dari luar. Dengan menyesuaikan temanya, maka guru tamu yang diundang bisa memberikan pembelajaran menarik ke siswa.

“Ada Guest Teacher, dan outbond training bermalam,” jelas pria berkacamata ini.
Yang menarik, sekolah memberi tugas akhir ke siswa. Seperti di kelas 6, siswa sangat berminaat membuat film indie. Rupanya pembelajaran kreatif aplikatif ini benar-benar membuat siswa berinovasi.

“Pembelajaran kreatif aplikatif dengan modelnya drama musikal. Anak akan berprestasi,” ungkapnya.
Menurut Heru konsep edutainmen ini akan memberikan rasa variatif dan kreatif, mengembangkan keterampilan siswa, sehingga tidak melulu belajar di dalam kelas. Heru menyontohkan, seperti laskar budi pekerti, beberapa siswa kelas 4 sampai 6 mendapat tugas sebagai pengawal kebersihan lingkungan, masjid dan entrepreneur.
“Dengan memakai rompi sebagai identitas,” tandasnya. (Bagus)

Sumber: https://majalahnurani.com/2018/01/02/sekolah-kreatif-sd-muhammadiyah-16-surabaya-konsep-belajar-kreatif-dan-atraktif/