Serunya Belajar Bahasa Jepang Bonus Chicken Katsu ala Sekolah Kreatif

SEKOLAHKREATIF.COM  Seru, itulah yang dirasakan siswa-siswi Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Mereka belajar Bahasa Jepang dengan menghadirkan guru tamu Gotou Ayako dan Natsuko Doi dari negeri sakura, Rabu, (7/4/2021).

Kegiatan yang digelar secara virtual melalui platform Zoom Clouds Meetings ini diikuti 100-an peserta siswa kelas IV. Yang bikin lebih seru, pembelajaran bahasa Jepang ini berbonus chicken katsu.

Pembelajaran dimulai pukul 08.00 WIB atau 10.00 waktu Jepang. Diawali dengan muraja’ah surat al-Fatihah dan al-Lail. Ayako sensei dan Natsuko sensei pun sudah bergabung dan menyapa siswa-siswi kelas IV Sekolah Kreatif 16.

“Hai, apa kabar anak-anak. Selamat menjalankan ibadah puasa 1442 H,” sapanya dengan senyum dan terbata-bata bicara Bahasa Indonesia. Mereka pun merasa senang bisa bertemu kembali dengan siswa-siswi meski secara virtual.

Selanjutnya, pembelajaran dipandu Guru Bahasa Jepang Ustadzah Retno. Ustadzah Retno pun mempersilakan Gotou Ayako untuk memulai pembelajaran.

Anak-anak Antusias

Gotou Ayako yang akrab dipanggil Ayako sensei itu menjelaskan penulisan namanya dan rekannya Natsuko menggunakan huruf kanji Bahasa Jepang dengan berbagi layar atau slide darinya.

“どい (Doi) itu nama keluarga dan なつこ (Natsuko) itu nama pemberian. ごとう (Gotou) itu nama keluarga dan あやこ (Ayako) nama pemberian,” jelasnya.

Setelah itu, ia memberi kuis pada semua siswa. Ada tiga soal dalam kuis tersebut. Pertama, menyebutkan yang mana nama Natsuko Doi dalam huruf kanji. Kedua, menyebutkan Kota Tokyo yang ada dalam peta. Ketiga, menghitung berapa jam jarak antara Jakarta dan Tokyo dengan pesawat. Anak-anak pun menjawabnya dengan benar.

Selanjutnya, Ayako sensei menjelaskan musim semi yang ada di Jepang. Ia pun berbagi layar dan mengajak anak-anak menirukannya mengucapkan beberapa kosa kata Bahasa Jepang yang berhubungan dengan musim semi.

“Sakura (bunga sakura), Hana (bunga), Mimasu (melihat), Hana o mimasu (melihat bunga), Hanami (bunga bermekaran),” ujarnya dengan tepuk tangan.

Sementara itu, Natsuko Doi yang akrab dipanggil Natsuko sensei menjelaskan apa itu Chicken katsu.

Ia mengatakan, sebenarnya chicken katsu itu bukan makasan asli jepang, tapi orang Jepang suka membuatnya.

Chicken katsu is one of youshoku, (Chicken katsu itu salah satu youshoku),” katanya.

Selanjutnya, youshoku merupakan masakan asing. Youshoku yang disukai orang Jepang adalah chicken katsu, naporitan, kareeraisu omuraisu, dan hanbabaagu.

Pertanyaan polos dari siswa pun meluncur. Seperti yang ditanyakan Muhammad Nizar Afif Firdaus. Siswa kelas IV Iskandar Muda ini menanyakan, selain bunga sakura, bunga apa yang terkenal di Jepang. Natsuko sensei pun menjawab “Nano hana,” katanya.

Kegiatan berlanjut membuat chicken katsu secara langsung dan anak-anak pun turut serta praktik membuatnya bersama orang tua mereka di rumah. (Riska)

Sumber: https://pwmu.co/186704/04/12/seru-belajar-bahasa-jepang-bonus-chicken-katsu?