Mengenal Rempah-Rempah Indonesia dengan Bau dan Rasa

SEKOLAHKREATIF.COM – Meski masih pandemi, pembelajaran harus dikemas semenarik mungkin walaupun dilaksanakan secara daring.

Sebanyak 91 anak hebat kelas 1 Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya dengan antusias ikuti pembelajaran “Mengenal Rempah-Rempah Indonesia melalui Bau dan Rasa”. Kegiatan ini dikemas dalam program sekolah yaitu Guru Tamu Virtual pada Jum’at (8/10/2021).

Kegiatan guru tamu virtual ini berlangsung lebih kurang 2 jam yang dipandu oleh Ustdzah Resti dan Ustad Dana sebagai MC ditemani oleh boneka Keke dan Atif.

Dengan memakai baju batik, anak-anak hebat kelas 1 sudah menyiapakan beberapa rempah-rempah beserta hasil olahan berupa jamu di rumah masing-masing.
Kegiatan ini mendatangkan narasumber Bunda Indah Yuliatin. Beliau adalah seorang pengusaha jamu. Selain memproduksi jamu, bunda Indah adalah seorang pelatih olahraga sepeda. Putra Bunda Indah adalah seorang alumni sekolah kreatif sekaligus seorang atlet olahraga sepeda.

Selama acara berlangsung bunda Indah menjelaskan tentang beberapa rempah-rempah diantaranya, jahe, kunyit, kencur, serai, asam jawa, gula jawa. Anak hebat kelas 1 sangat antusias mengikuti jalannya acara. Anak hebat mencium dan merasakan beberapa rempah-rempah yang sudah mereka siapkan di rumah. Faiz kelas 1 Kelinci mengatakan, “rasa kunyit pahit kalau jahe tidak ada rasanya”.

Selain menjelaskan bau beberapa rempah-rempah, Bunda Indah juga mempraktekkan cara membuat jamu sinom. Ternyata jamu sinom itu terbuat dari beberapa rempah-rempah diantaranya kunyit dan asam jawa. Shin kelas 1 semut mengatakan, “Aku sangat senang sekali mengikuti acara zoom hari ini apalagi ada kegiatan memasaknya, karena kalau besar aku ingin menjadi koki handal yang pintar memasak”.

Setelah Bunda Indah mempreaktekkan cara membuat sinom, anak hebat kelas 1 merasakan jamu sinom dan beras kencur yang sudah disiapkan di rumah masing-masing. Sebelumnya keke dan atif memandu untuk berdoa sebelum makan dan minum.

Kegiatan guru tamu virtual ini adalah acara rutin yang diadakan setiap satu kali dalam satu semester. Walaupun pandemi kegiatan guru tamu seperti ini sangat dinanti oleh siswa siswi. Oleh karena itu kami selalu mengadakan walaupun secara virtual. Semoga dengan diadakan guru tamu virtual ini belajar semakin bermakna dan menyenangkan.

Penulis: Tim Guru Kelas 1 Sekolah Kreatif Baratajaya