Upacara HUT RI Sekolah Kreatif Bernuansa Adat dan Pejuang

SEKOLAHKREATIF.COM – Upacara HUT Republik Indonesia di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Barata Jaya Surabaya bernuansa adat dan pejuang.

Sebanyak 700-an siswa Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya dengan antusias mengikuti upacara HUT RI ke-76 secara virtual via Zoom Meeting, Selasa (17/8/2021).

Bertema Merdeka dari Pandemi, para siswa berkostum adat untuk kelas I-III dan ala pejuang untuk kelas IV-VI.

Petugas upacara di lapangan sekolah adalah perwakilan guru dan karyawan berkostum adat dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam amanatnya, Kepala Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya Suyono SSi menyampaikan, kegiatan upacara ini salah satu bentuk untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

”Sekaligus apresiasi pada beliau yang telah memperjuangkan dan merebut kemerdekaan negara Indonesia, sehingga hari ini kita bisa menikmati kemerdekaan itu,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai generasi penerus hendaknya untuk selalu mengisi kemerdekaan RI ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif. ”Meski dalam masa pandemi ini tentunya sikap nasionalisme tetap dibutuhkan agar tetap bisa merdeka dari pandemi,” ujarnya.

”Untuk itu anak-anakku selama pandemi ini janganlah untuk berkecil hati. Tetap semangat untuk tetap belajar di masa era digital ini karena sesuatu yang tidak bisa kita hindari tentunya kita harus tetap memaksimalkan potensi yang ada,” sambungnya.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para siswa dan wali murid yang telah ikut menyemarakkan peringatan HUT RI ini dengan mengikuti bergagai perlombaan di rumah yang Insyaallah luar biasa antusiasnya.

Ia berharap, semoga momen ini dapat menjadikan kita untuk selalu berusaha untuk lebih baik. Selamat untuk berkarya, berjuang, bertugas untuk meningkatkan kemampuan kita semaksimal mungkin. ”Merdeka! Merdeka! Allahu akbar! Allahu akbar!” serunya.

Fifthra Syarif Fazaul Zein siswa kelas 4 Ahmad Yani merasa senang bergembira bisa mengikuti upacara kemerdekaan ini meski di rumah. “Upacaranya berkesan,” ungkapnya.

Selaras dengan Talita Zaraa Kirana kelas 6 Fakih Usman pun mengaku senang bisa mengikuti upacara ini. ”Aku seneng, berasa ada di sekolah. Aku nanti pengen jadi Paskib,” ungkapnya.

Di akhir acara, diumumkan pemenang lomba yel-yel bersama keluarga bertema merdeka dari pandemi dari masing-masing jenjang.

Juara Lomba Yel

Kelas 1: Pandu Lentera Rabbani

Kelas 2: Ainida Talita Hasanah

Kelas 3: Akhtar Arsad Wibawa

Kelas 4: Raynar Narasrestha Aulia

Kelas 5: Atiqah Syifa

Kelas 6: Almirah Cintantya Maya Samahita

Sumber: https://pwmu.co/204874/08/18/upacara-hut-ri-di-sekolah-ini-bernuansa-adat-dan-pejuang/

(Ris)