Creative Character Camp di Masa Pandemi

SEKOLAHKREATIF.COM – Kemah Unik di Masa Pandemi ala Sekolah Kreatif Ini. Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya terlihat berbeda dari biasanya, Kamis-Jumat (21-22/10/2021). Pasalnya, sekolah yang berada di Jalan Baratajaya I No 11 Surabaya itu disulap bak bumi perkemahan yang dikelilingi tenda-tenda.

Itulah suasana ketika sekolah kreatif tersebit menggelar kegiatan Creative Character Camp. Tenda-tenda itu ditempati para guru sedangkan para siswa kelas V mengikutinya secara virtual via Zoom.

Kegiatan yang bertajuk “Ready to be Leader” ini dimulai pukul 08.00 pagi sampai pagi berikutnya yang dilakukan di rumah secara daring karena di masa pandemi kegiatan di alam bebas masih belum diperbolehkan. Guru pengampunya pun melakukannya di halaman sekolah demi memfasilitasi pendidikan siswa.

Modifikasi Outbound

Ketua Tim Inovasi Pengembangan Sekolah (TIPS) Sekolah Kreatif SDM 16, Heru Tjahyono mengatakan, acara ini merupakan modifikasi kegiatan yang biasanya dilakukan di luar sekolah sebelum pandemi seperti outbond dan kemah Hizbul Wathan.

“Jadi, para guru kelas V menginap di tenda yang ada di sekolah sedangkan para siswa mendirikan tenda di sekitar rumahnya masing-masing,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini adalah varian pembelajaran yang lebih aplikatif. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain, materi Hizbul Wathan (HW) meliputi tali-temali dan mendirikan tenda oleh Munawir Sulivan, motivasi tentang kepribadian dan kepemimpinan oleh Aris Ahmad Jaya, dan mengenal profesi TNI, cinta tanah air, dan baris-berbaris oleh Kak Ryan TNI Al—alumnus .

Meski hanya virtual, lanjutnya, kegiatan ini diharapkan bisa mengajarkan anak untuk mandiri dan sekaligus memenuhi kebutuhan siswa akan pengetahuan alam. “Serta kita bisa tahu kegiatan dan kebiasaan siswa di rumah yang bisa dijadikan bekal evaluasi kedepannya baik itu kebiasaaanya atau ibadah ritualnya,” harapnya.

Sukmi Sari, Kordinator Guru Kelas V mengatakan, karena masih pandemi Covid-19, maka kegiatan camp diubah secara virtual. “Namun secara isinya masih sama. Jadi tetap melatih kemandirian anak-anak dan juga memotivasinya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 16 Surabaya Suyono SSi menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan karakter kepada siswa-siswi kelas V, di antaranya religius, kemandirian, tanggung jawab, kedisiplinan, dan empati. “Meskipun didakan secara virtual anak-anak kelas V sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut,” katanya.

Dari materi-materi yang ada, lanjutnya, baik yang disampaikan oleh narasumber maupun ustadz dan ustadzah guru kelas, “Semoga memberikan inspirasi untuk anak-anak kelas V untuk lebih bersemangat dalam memaksimalkan potensi diri yang ada dan berusaha untuk lebih baik,” harapnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini dapat berjalan lancar tentunya tidak lepas dari dukungan orang tuasiswa dan kerja keras guru-guru dalam mempersiapkan segala sesuatunya.

Disambut Antusias

Rafael Ferdiansyah salah satu siswa kelas V mengaku senang dengan kegiatan ini. “Aku senang karena banyak ilmu yang aku dapat seperti cara mendirikan tenda, tali-temali, dan bisa memasak nasi goreng sama keluarga,” ungkapnya.

Yetty Suhesty, wali murid Muhammad Izzudin Al-Qassam Aristy siswa kelas V merasa terkesan dengan kegiatan ini. “Creative Character Camp ini bermanfaat sekali bagi orangtua dan anaknya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara mandiri di rumah tapi tidak mengurangi kesan yang didapat. “Selain bersenang-senang bersama ustadz, ustadzah, dan teman-teman, kegiatan ini melatih kemandirian, tanggung jawab, tepat waktu serta menjadi sarana refreshing anak-anak setelah belajar daring beberapa waktu ini,” katanya.

Dia berharap, kegiatan ini menambah semangat anak-anak untuk lebih giat bebelajar. “Semangat melatih kemandirian, semangat menjadi calon-calon penerus bangsa yang tidak hanya cerdas tapi juga berakhlak mulia,” ungkapnya. (Ris)

Sumber: https://pwmu.co/213870/10/23/kemah-unik-di-masa-pandemi-ala-sekolah-kreatif-ini1/