Kreatif Literacy Space Meriahkan Showcase Literasi Mandiri

Kreatif Literacy Space Meriahkan Showcase Literasi Mandiri

SEKOLAHKREATIF.COM – Hasil karya literasi siswa dan guru Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Baratajaya Surabaya meriahkan gelaran Showcase Literasi Mandiri 2023 yang diselenggarakan Kegiatan Kelompok Kepala Sekolah (K3S) SD/MI Muhammadiyah Surabaya di Lantai UG Royal Plaza Surabaya, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan yang diikuti 28 SD dan MI Muhammadiyah se-kota Surabaya ini dihadiri Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr Khozin MPd, Provincial Manager Inovasi Jawa Timur M Adri Budi, dan Koordinator Program Literasi Majelis Dikdasmen PWM Jawa Timur Enik Setiyowati MPd.

Hasil karya literasi yang dipamerkan ini telah dibuat siswa kelas I-VI selama Sumatif Tengah Semester (STS) atau Project Literacy–sebutan STS di Sekolah Kreatif Baratajaya. Berbagai hasil karya mereka diantaranya mini book sains, pop-up book, komik dan big book. Media pembelajaran Alfabet Audio Flachcard karya guru juga dipamerkan.

Selain hasil karya literasi, ada juga pameran teleskop, astronot fotobooth dan masih banyak yang lainnya di stan Sekolah Kreatif Baratajaya. Semua itu dibingkai dalam Kreatif Literacy Space.

Koordinator Showcase Literasi Mandiri Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Baratajaya Surabaya, Akhmad Saifudin Zuhri SKom mengatakan, hasil karya literasi dipamerkan di stan sekolah dengan luas 2×2 meter yang didesain ala ruang angkasa. “Terdapat background angkasa luar, hasil karya literasi sains siswa, media pembelajaran guru dan ornamen-ornamen khas suasana antariksa,” katanya.

Ia menambahkan, dalam kesempatan ini Sekolah Kreatif Baratajaya menampilkan gerak dan lagu Solar System Dance di panggung utama Showcase Literasi Mandiri. “Jadi anak-anak menari sebagai matahari dan planet-planet yang ada dalam sistem tata surya”, ujarnya.

Lewat lagu ini lanjut Zuhri sapaanya, selain terhibur, pengunjung juga bisa belajar dan mengetahui nama-nama planet yang ada. “Karena di lirik Solar System Dance dijelaskan singkat tentang planet-planet”, ucapnya.

Khalisa Naura Athifa, siswa kelas IV mengaku senang bisa ikut meramaikan pameran literasi ini. “Aku senang bisa tampil bersama teman-teman, bisa tahu apa itu planet dan bisa melihat karya-karya literasi dari berbagai sekolah,” ungkapnya.

Selain menikmati hasil karya literasi yang dipamerkan, pengunjung juga bisa mencoba teleskop, media pembelajaran yang sudah dibuat guru Sekolah Kreatif Baratajaya, serta fotobooth astronot.

Baca: https://pwmu.co/284623/03/14/kreatif-literacy-space-meriahkan-showcase-literasi-mandiri/